Find Me

Gentengjatiwangi - Find me on Bloggers.com


Our Partners

Aliran Romantisme Seni Rupa


BAB I
PENDAHULUAN

Seni Secara Umum
Seni adalah proses dan produk dari memilih medium, dan suatu set peraturan untuk penggunaan medium itu, dan suatu set nilai-nilai yang menentukan apa yang pantas dikirimkan dengan ekspresi lewat medium itu, untuk menyampaikan baik kepercayaan, gagasan, sensasi, atau perasaan dengan cara seefektif mungkin untuk medium itu. Sekalipun demikian, banyak seniman mendapat pengaruh dari orang lain masa lalu, dan juga beberapa garis pedoman sudah muncul untuk mengungkap gagasan tertentu lewat simbolisme dan bentuk (seperti bakung yang bermaksud kematian dan mawar merah yang bermaksud cinta).

Cabang-cabang Seni
Berdasarkan realita yang berkembang di masyarakat,seni di golongkan menjadi 5 cabang yaitu:

Seni Rupa
Seni Rupa adalah seni yang mengubah materi atau media berdasarkan hasil renungan,sehingga membentuk wujud benda yang menyenangkan atau indah untuk dinikmati atau sekaligus dimanfaatkan.

Seni Sastra
Seni Sastra adalah  hasil karya yang di buat dan di tuangkan ke dalam tulisan.

Seni Musik
Seni Musik adalah suatu wujud karya dalam bentuk nada, dan memiliki tempo yang dapat diikuti oleh penikmatnya.

Seni Tari
Seni Tari adalah keindahan ekspresi jiwa manusia yang diungkapkan berbentuk gerak tubuh yang diperhalus melalui estetika.

Seni Teater
Seni Teater adalah bentuk seni pertunjukan yang berhubungan dengan kisah kehidupan manusia,baik langsung atau tidak langsung berhadapan dengan penonton.

Pengertian seni rupa
Seni rupa adalah seni yang mengungkapkan melalui media,cat ( pewarna ) garis dan bentuk.

Cabang-cabang Seni Rupa
Berdasarkan bentuknya, terdiri dari :
Seni rupa dwi matra, yaitu karya seni yang diwujudkan pada bidang dua dimensi yang hanya dapat dinikmati dengan satu arah pandangan saja.Contohnya : Seni lukis, gambar, dan grafis.
Seni rupa trimatra,yaitu karya seni yang diwuujudkan pada benda yang bisa kita nikmati hasilnya dari berbagai arah pandangan.

Berdasarkan nilai dan tujuannya, terdiri dari :
Seni murni (Fine Art), yaitu karya seni yang semata-mata hanya untuk dinikmati nilai seninya secara langsung.
Seni pakai (Applied Art), yaitu karye seni yang memiliki nilai praktis yang dapat dipergunakan untuk kepentingan hidupsehari-hari.

Aliran Seni Rupa
Aliran seni rupa adalah aliran-aliran atau gaya-gaya yang dilihat dari prinsip pembuatannya.
Macam-macam aliran seni rupa diantaranya:

Realisme
Naturalisme
Romantisisme
Impresionisme
Ekspresionisme
Fauvisme
Kubisme
Futurisme
Dadaisme
Surealisme
Abstraktisme
Pop Art
Post Modern/Kontemporer

BAB II
ALIRAN SENI RUPA ROMANTISISME


Pengertian Romantisisme
Merupakan aliran tertua dalam sejarah seni lukis modern Indonesia.Lukisan ini berusaha membangkitkan kenangan romantis dan keindahan disetiap objeknya.
Romantisme dirintis oleh pelukis-pelukis pada zaman penjajahan Belanda dan ditularkan kepada pelukis pribumi untuk tujuan koleksi dan galeri dizaman colonial.Salah satu tokoh terkenal dari aliran ini adalah Raden Saleh.

Ciri-ciri Aliran Romantisisme
Warnanya lebih meriah
Gerakan lebih lincah
Emosinya lebih tegas
bersifat imajiner

Perkembangan aliran Romantisisme
 
Romantisisme, akhir abad ke-18 sampai dengan menjelang pertengahan abad ke-19, kemudian masuk ke Belanda pada awal abad ke-20, dan mempengaruhi penyair-penyair Pujangga Baru pada tahun 1930-an. Tidak ada aliran atau mazhab lain yang rentang waktunya lebih panjang daripada Romantisisme, kecuali, tentu saja, Rennaisance yang pada hakikatnya bukan aliran dan bukan pula mazhab. Rennaisance adalah Zaman Kelahiran Baru atau Kebangkitan Baru yang melanda seluruh Eropa sebagai kalanjutan dari stagnasi peradaban pada Abad Pertengahan atau Zaman Kegelapan. Rentang waktu Rennaisance lebih dari satu abad dan di dalam Rennaisance sendiri terdapat berbagai aliran dan mazhab.Bukan karena soal rentang waktu saja Romantisisme menjadi amat penting, tapi juga karena sambutan masyarakat terhadap para penyair waktu itu. Ketika salah seorang penyair Romantisisme, Shelley, menyatakan bahwa “penyair adalah pembuat undang-undang dunia” dan “penyair adalah nabi”, pada hakikatnya, penyair ini menyuarakan aspirasi masyarakat waktu itu akan pentingnya kedudukan penyair dalam peradaban umat manusia. Dengan penuh semangat, masyarakat menyambut ungkapan ini sebagai sebuah kebenaran. Penyair harus dihormati dan puisi mereka harus disimak dengan rasa penuh hormat pula.

0 comments:

Post a Comment

Komentar

| HOME | PRODUK | HARGA | ___________________ | HOME | PRODUK | HARGA |
___________________________________________________________________





Popular Posts

 
 
Copyright © Genteng Jatiwangi
Blok Rabu Desa Burujulwetan Kec. Jatiwangi Kab. Majalengka 45454 HP.085295645683
Blogger Theme by BloggerThemes TheBestSponsor